RPTRA Kalijodo Jalani Standarisasi dan Sertifikasi RBA

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo di Jalan Tubagus Angke, Angke, Tambora, Jakarta Barat menjalani standarisasi dan sertifikasi Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.  

"RPTRA Kalijodo mendapatkan nilai 441 dan diusulkan mendapatkan sertifikasi RBRA," kata Hamid Patilima, Auditor RBRA Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Kalijodo, Kamis (31/10).

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil peninjauan di lapangan, RPTRA Kalijodo memerlukan beberapa perbaikan seperti kotak saran terlalu tinggi hingga tidak adanya tanaman penyerap polutan dan sebagainya. 

Wakil Wali Kota Jakarta Barat, M Zen mengaku senang RPTRA Kalijodo dapat mengikuti lomba tingkat nasional dan mendapatkan nilai cukup tinggi. Beberapa catatan dari Aduditor RBRA akan ditindaklanjuti dengan melakukan perbaikan-perbaikan. 

"Penghargaan ini bisa memotivasi RBRA lainnya di Jakarta Barat. Sehingga upaya mewujudkan Jakarta Barat menuju kota layak anak bisa optimal," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Jakarta Barat, Unas Affandi menambahkan, terpenuhinya standarisasi dan sertifikasi ini berkat kolaborasi Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) terkait. 

"Setelah ini kami akan rapat teknis dengan UKPD terkait untuk melakukan perbaikan," tandasnya.(p/ab)